Paskalina – ASKALIN

Dari Paskalina untuk Semua

Monyet dan Ayam

Pada suatu zaman, ada seekor ayam yang bersahabat dengan seekor monyet. Si Yamyam dan si Monmon namanya. Namun persahabatan itu tidak berlangsung lama, karena kelakuan si Monmon yang suka semena-mena dengan binatang lain. Hingga, pada suatu petang si Monmon mengajak Yamyam untuk berjalan-jalan. Ketika hari sudah petang, si Monmon mulai merasa lapar. Kemudian ia menangkap si Yamyam dan mulai mencabuti bulunya. Yamyam meronta-ronta dengan sekuat tenaga. “Lepaskan aku, mengapa kau ingin memakan sahabatmu?” teriak si Yamyam. Akhirnya Yamyam, dapat meloloskan diri.

Ia lari sekuat tenaga. Untunglah tidak jauh dari tempat itu adalah tempat kediaman si Kepiting. si Kepiting merupakan teman Yamyam dari dulu dan selalu baik padanya. Dengan tergopoh-gopoh ia masuk ke dalam lubang rumah si Kepiting. Di sana ia disambut dengan gembira. Lalu Yamyam menceritakan semua kejadian yang dialaminya, termasuk penghianatan si Monmon.

Mendengar hal itu akhirnya si Kepiting tidak bisa menerima perlakuan si Monmon. Ia berkata, “Mari kita beri pelajaran si Monmon yang tidak tahu arti persahabatan itu.” Lalu ia menyusun siasat untuk memperdayai si Monmon. Mereka akhirnya bersepakat akan mengundang si Monmon untuk pergi berlayar ke pulau seberang yang penuh dengan buah-buahan. Tetapi perahu yang akan mereka pakai adalah perahu buatan sendiri dari tanah liat.

Kemudian si Yamyam mengundang si Monmon untuk berlayar ke pulau seberang. Dengan rakusnya si Monmon segera menyetujui ajakan itu karena ia berpikir akan mendapatkan banyak makanan dan buah-buahan di pulau seberang. Beberapa hari berselang, mulailah perjalanan mereka. Ketika perahu sampai di tengah laut, Yamyam dan kepiting berpantun. Si Yamyam berkokok “Aku lubangi ho!!!” si Kepiting menjawab “Tunggu sampai dalam sekali!!”

Setiap kali berkata begitu maka si Yamyam mencotok-cotok perahu itu. Akhirnya perahu mereka itu pun bocor dan tenggelam. Si Kepiting dengan tangkasnya menyelam ke dasar laut, sedangkan Si Yamyam dengan mudahnya terbang ke darat. Tinggallah Si Monmon yang berteriak minta tolong karena tidak bisa berenang. Akhirnya ia pun tenggelam bersama perahu tersebut.

(Disarikan dari Abdurrauf Tarimana, dkk, “Landoke-ndoke te Manu: Kera dan Ayam,” Cerita Rakyat Daerah Sulawesi Tenggara, Jakarta: Dept. P dan K, 1978, hal. 61-62)

Sumber: www.e-smartschool.com


About these ads

Filed under: CERITA BINATANG (FABEL), , , ,

69 Responses

  1. Julio TenTwoRoom mengatakan:

    seru ceritanya yang penting ceriata asli indonesia ya gak ?

  2. kunch mengatakan:

    cerita assik tu.. klo di tambah makna dan arti dari certa..

  3. millenia mufta mengatakan:

    buatan indonesia gitu lho…..
    hehehehe :U

  4. santosa mengatakan:

    kenapa harus di balas dengan dendam? jadi kurang mendidik.

    • iqbaal diafakhri ramadhan. mengatakan:

      iya emang ceritanya kurang mendidik buat anak anak di bawah umur. entar mereka malah niru lagi sifat2 para tokoh ini. enak klu yg bauk nah entar kalau yg brk diambil gimana?

      • admin mengatakan:

        Memang benar, banyak cerita rakyat atau cerita klasik yang kurang mendidik.
        Di sinilah orang tua harus pintar dalam memberikan pendampingan pada anak. Jangan biarkan anak berpikir dengan caranya sendiri ketika usai membaca sebuah cerita. Sangat disarankan orang tua mengajak anak berdiskusi tentang cerita yang dibacakan, sehingga orangtua bisa sekaligus memberitahu mana yang baik dan mana yang kurang baik untuk anak.
        _paska_

    • Suradiyo mengatakan:

      Betul , bagusnyakan kalau kalau endingnya monmon tengelam tapi ditolong juga sama yamyam terus monmon minta maaf atas kerakussannya….

  5. paskalina mengatakan:

    Mas Santosa…

    Di sinilah peran orang tua dibutuhkan. Apapun cerita entah itu baik atau buruk diperlukan pendampingan orang tua supaya anak-anak tidak salah mencerna pesan moralnya.

    Salam :)

  6. santosa mengatakan:

    kalau cerita ini mau diceritakan apa adanya kurang mendidik, kecuali si penulis rela ceritanya di rubah saat disampaikan pada anak2, kalau anak2 yang langsung baca bagaimana? kasihan anak2 saat cerita ini dibukukan. bercerita dan menulis apapun bagus sesuai dengan kejujuran hati, tapi akan lebih bagus kalau ceritanya menyampaikan nilai nilai kebaikan, apalagi untuk anak anak

    aku sangat dekat dengan dunia anak anak, aku dubber atau pengisi suara untuk cartoon anak anak ( sponge bob, Barney dll) dan aku juga seorang pendongeng

  7. redi mengatakan:

    cerita ya seru banget

  8. erlangga mengatakan:

    bagimu bagiku asik

  9. yasir mengatakan:

    OYA, MBA LEA LINA. IJIN COPY CRITAX YA…..
    BUAT TGS BHS INGGRIS Q.

    CZ CRITAX BGS SICH….. ^_^

  10. Rozak Rezpector mengatakan:

    Ceritanya
    bagus 8-)

  11. Anindamf mengatakan:

    ngomong2 kalo ditambahin moral value di akhir cerita pasti bagus

  12. Rendikrenzz mengatakan:

    lumayan bisa ngerjain B.indo

  13. Fandi ahmad mengatakan:

    Ceritany sngt bgs tp syngny ceritany terlalu pndk coba panjang dkt nnt lbh bgs n d tmbhn pesan moralny pst lbh bgs

  14. fenny mengatakan:

    cerita’na pndek gpp,,yg pnting bsa ngerjain tugas ,,,

    hahahahahahah,,,….!!

  15. rahmatmuntaha mengatakan:

    ceritanya penuh dg pelajaran, makasih banyak ya.

    http://kafebuku.com/33-fabel-dunia-for-kids/

  16. M.RASYYDIAN ZHU.NAM mengatakan:

    cerita fabel adalah hobi aco setiawati

  17. Rahmad mardiansyah mengatakan:

    Crtanya bgs tp trll pndk

  18. rika mengatakan:

    bgus jga crtanya tpi kepndekan

  19. Evi mengatakan:

    Bguz bgetz crta nya…ttp kreaktif yaaa…

  20. ester djami mengatakan:

    cerita in sngt ask dan brmakna, bwt tman2x yg sftx kyk monmon tlg rbh sftx it mnjd baik seprt kepitng..

  21. andi rendy mengatakan:

    Setuju dengan pak sentosa..
    kurang mendidik karena dibumbui konspirasi untuk membalas dendam. Dan tersisipi akan tindakan kekerasan
    Kalo anak membaca cerita ini tanpa bimbingan orangtua apa jadinya..
    Dunia anak harus sebisa mungkin diisi dengan nilai2 positif n keindahan

  22. Jodi mengatakan:

    boleh tanya ga penciptanya sapa? buat tugas soalnya…

  23. Hilmi_Ikhsan mengatakan:

    buat tugas enak

  24. syafa mengatakan:

    wah dach bisa buat tugas nich….b. indo

  25. upik mengatakan:

    knapa hampir semua fabel di indonesia menyampaikan moral ‘membalas sesuatu yg jahat’.. knapa cerita-nya jadi ‘kejam’ ??? padahal untuk pembaca yg masih anak-anak.

  26. Monica Audrey R mengatakan:

    Hal hal yg menarik apa?
    Kecocokan dongeng dengan jaman sekarang apa?
    Yg membuat dongeng nya sapa?
    Buat tugas nih.. Terima kasih :)

  27. anindya wina mengatakan:

    izin ngeringkas ya ,, buat tugas ,, heheh

  28. Civiana Nurasipa mengatakan:

    ceritanya pendek … tapi makasih :D jadi bisa ngerjain tugas yang pendek :D ;)

  29. 'ariia prawiira' mengatakan:

    Akhirnya Tugas bahasa nya psti dpt 9 hahahahahaha :)
    Sm Ulangan berbicara

  30. 'ariia prawiira' mengatakan:

    (y) terbaik lahh
    blog ini aku sebarkan pada temanku sesama penggemar cerita boleh ga??
    0:)
    (^^^)

  31. Helmi F.R. mengatakan:

    kok ceritanya agak sadis ya…

  32. mangde mengatakan:

    bagus ceritanya soalnya menceritakan hewan yang pintar dan pandai

  33. Aditya Nugroho mengatakan:

    Ada unsur itrinsik nya gak? Tolong kirim dong

  34. brian fernandes mengatakan:

    eeehhhhmmm amanatnya??

  35. Chindana Lawrence mengatakan:

    Wew.. bguss yaa.. nmpang copas yaa :)

  36. LAtIFah Syank Anu Jja mengatakan:

    . SmPAi QuU NnGuCApin SuBAhNnALLAh SAtt m’Lihat CerIta TAdi SnGAt BAgUS…

  37. mega santika mengatakan:

    bgus jga crita’y

  38. AULIA RACHMANIYAH mengatakan:

    sip (y)

  39. Rayhan mengatakan:

    Cerita nya ngebantu nilai ulangan bhs indonesia menjadi 95 thanks

  40. ela mengatakan:

    ceritanya ngebantu nilai b.indo jadi 89 makasih :)

  41. dorias mengatakan:

    terima kasih atas ceritanya

  42. .. ijin comot ya cerita nya?!? cz untuk tugas nya adek aq. he..86x. tenkz ..

  43. espeha12 mengatakan:

    izin copas ya

  44. Stefiana S.A mengatakan:

    Makasih kak :) ceritanya seru dan aku jadi bisa ngerjain PR B.Indo aku yg disuruh buat dongeng
    sekali nlagi makasih banget !!

  45. Ibnu mengatakan:

    Gua Buat PR aja nih :D Ceritanya Bagus

  46. ul mengatakan:

    ceritane apik

  47. yonathan mengatakan:

    kancilnya maling bego kasihan
    tapi crita nya bagus

  48. ucup mengatakan:

    aneh,tpi apik…..se……….. :)

  49. Daffa Hands mengatakan:

    Apakah pesan moral yang terdapat dlm crita ini ?

  50. kwn-kwn boleh nanya gak apa kelebihan dlm cerita in dn kekurangn nya????
    #butuh jawaban

  51. fdfdf mengatakan:

    tentukan unsur-unsur instrintik nya dong

  52. diepan mengatakan:

    wowwwwwww bagusbanget

  53. azril mengatakan:

    pinjam untuk buat tugas

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PENULIS DAN EDITOR FREELANCE

Paskalina Oktavianawati (nama pena Askalin)
Penulis buku bacaan anak
Karya tulisan Askalin dapat dilihat di blog ini
Menerima pemesanan naskah berbagai tema
Menerima editing novel dan naskah berbagai bidang

Untuk bertanya dapat mengirim
email ke paskalina82@gmail.com
atau sms ke 08159898723 dan 085697602414

Twitter Terbaru

Pilih Kategori

BELI BUKU DIGITAL

Beli Tote Bag Blacu Murah

Beli Goodie Bag Spunbond

%d blogger menyukai ini: