Paskalina – ASKALIN

Dari Paskalina untuk Semua

Cerita Rakyat dari Jawa Barat: Sangkuriang

sangkuriang1Pada zaman dahulu, tersebutlah kisah seorang puteri raja di Jawa Barat bernama Dayang Sumbi. Ia mempunyai seorang anak laki-laki yang diberi nama Sangkuriang. Anak tersebut sangat gemar berburu Ia berburu dengan ditemani oleh Tumang, anjing kesayangan istana. Sangkuriang tidak tahu, bahwa anjing itu adalah titisan dewa dan juga bapaknya.

sangkuriang21Pada suatu hari Tumang tidak mau mengikuti perintahnya untuk mengejar hewan buruan. Maka anjing tersebut diusirnya ke dalam hutan. Ketika kembali ke istana, Sangkuriang menceritakan kejadian itu pada ibunya. Bukan main marahnya Dayang Sumbi begitu mendengar cerita itu. Tanpa sengaja ia memukul kepala Sangkuriang dengan sendok nasi yang dipegangnya. Sangkuriang terluka. Ia sangat kecewa dan pergi mengembara.

Setelah kejadian itu, Dayang Sumbi sangat menyesali dirinya. Ia selalu berdoa dan sangat tekun bertapa. Pada suatu ketika, para dewa memberinya sebuah hadiah. Ia akan selamanya muda dan memiliki kecantikan abadi. Setelah bertahun-tahun mengembara, Sangkuriang akhirnya berniat untuk kembali ke tanah airnya. Sesampainya disana, kerajaan itu sudah berubah total. Di sana dijumpainya seorang gadis jelita, yang tak lain adalah Dayang Sumbi. Terpesona oleh kecantikan wanita tersebut maka, Sangkuriang melamarnya. Oleh karena pemuda itu sangat tampan, Dayang Sumbi pun sangat terpesona padanya.

sangkuriang4Pada suatu hari Sangkuriang minta pamit untuk berburu. Ia minta tolong Dayang Sumbi untuk merapikan ikat kepalanya. Alangkah terkejutnya Dayang Sumbi ketika melihat bekas luka di kepala calon suaminya. Luka itu persis seperti luka anaknya yang telah pergi merantau. Setelah lama diperhatikannya, ternyata wajah pemuda itu sangat mirip dengan wajah anaknya. Ia menjadi sangat ketakutan. Maka kemudian ia mencari daya upaya untuk menggagalkan proses peminangan itu. Ia mengajukan dua buah syarat. Pertama, ia meminta pemuda itu untuk membendung sungai Citarum. Dan kedua, ia minta Sangkuriang untuk membuat sebuah sampan besar untuk menyeberang sungai itu. Kedua syarat itu harus sudah dipenuhi sebelum fajar menyingsing.

sangkuriang3Malam itu Sangkuriang melakukan tapa. Dengan kesaktiannya ia mengerahkan makhluk-makhluk gaib untuk membantu menyelesaikan pekerjaan itu. Dayang Sumbi pun diam-diam mengintip pekerjaan tersebut. Begitu pekerjaan itu hampir selesai, Dayang Sumbi memerintahkan pasukannya untuk menggelar kain sutra merah di sebelah timur kota. Ketika menyaksikan warna memerah di timur kota, Sangkuriang mengira hari sudah menjelang pagi. Ia pun menghentikan pekerjaannya. Ia sangat marah oleh karena itu berarti ia tidak dapat memenuhi syarat yang diminta Dayang Sumbi.

Dengan kekuatannya, ia menjebol bendungan yang dibuatnya. Terjadilah banjir besar melanda seluruh kota. Ia pun kemudian menendang sampan besar yang dibuatnya. Sampan itu melayang dan jatuh menjadi sebuah gunung yang bernama “Tangkuban Perahu.”


Sumber: www.e-smartschool.com

About these ads

Filed under: CERITA RAKYAT, , , , , ,

59 Responses

  1. elisbeth mengatakan:

    baguzzzzzzzzz banget tapi belum terlalu lengkap

  2. paska mengatakan:

    Tunggu saja…akan banyak cerita rakyat lain disini :)

  3. dhe mengatakan:

    koq ceritanya gak pendek ya?
    kayaknya gak lengkap dech……….

  4. paskalina mengatakan:

    Salam kenal dhe

    Agak pendek maksudnya?
    Menurutku sih panjang pendeknya cerita rakyat (misalnya Sangkuriang), tergantung sumber buku atau acuan apa yang kita pakai. Aku mengutip dari http://www.e-smartschool.com. Kalo mau versi lain cerita rakyat “Sangkuriang”, aku punya dari sumber lainnya.

    TQ

  5. saldah mengatakan:

    bkanya si tumang di bunuh oleh sangkuriang, trs hatinya di bawa plg, dimasak oleh dayang sumbi..!!

  6. PUTRI MITA ROCKERZ mengatakan:

    bisa di terjemahkan kedalam bhasa sundanya gakk ?/ cz akk d.suruu buatt drama .. mngunakkann bhs.sndda sangkuriangg ?????

  7. paskalina mengatakan:

    Dear, Saldah
    Begitunya banyak versi cerita SANGKURIANG, cerita di atas hanyalah satu diantara sekian banyak. Setiap cerita kadang-kadang agak berbeda jalan ceritanya.

    TQ

  8. paskalina mengatakan:

    Dear Putri Mita,

    Bahasa Sundaku kurang bagus. Kalau kamu orang Sunda, coba saja terjemahkan. pasti seru deh ^_^.

    TQ

  9. lilis mengatakan:

    ba yg b.inggris dong?

  10. dina mengatakan:

    ba yg b.inggris dong?

  11. rizky audiya sinaga mengatakan:

    cerita’a baguzzz…!,tp koq gag dha dialog’a c…???,dialog antara sangkuriang,dayang sumbi, dan yang laen’a…….!!!!!!

  12. rizky avidya sinaga mengatakan:

    cerita sangkuriang dha dialog’a gag ciiie……???,Q dah nyari” tp gag dha dialog antara sangkuriang,dayang sumbi, dan yg lain’a..!!, cz aQ d.sruh 5 guru Q bwat drama SANGKURIANG……..!!!!!!,,,so gymana dooonkx…..???!!!.

  13. adela amandari mengatakan:

    iy… ko gx da dialogny lg btuh bgt nih……. nyari dmn2 gx da
    huft…….. bwt bsk pdhl, gmna ath ??????

  14. rindi mengatakan:

    haduuh ada pr mau nulis cerita sangkuriang atau apa yah?
    bingung :[
    aaaaakkkkkkkkhhhh

  15. rindi mengatakan:

    buaaagus tappppiii
    bukan itu yuaangg asli ceritanyaaaaa!

  16. Paskalina 'Lea Lina' mengatakan:

    MOHON KEPADA PENGUNJUNG BLOG, berikan komentar yang mendidik dan membangun, BUKAN MAKIAN, BUKAN KATA-KATA KASAR. Di sini tempatnya orang berpendidikan. TERIMA KASIH

  17. mimi mengatakan:

    percakapanya kaliiiii……………………
    bbbbbbbbbbbbbboooooooooooooooooooooooo………………………….

  18. Maulana James archuleta mengatakan:

    Kok Cuman Sedikit Ceritanya Kak
    Kakak Cuman Ambil Inti Sari Nya saja Yaaaaaaa

  19. nhaso WerA mengatakan:

    mana dong ….. dialognya kirimin dong buat Q … cerita sangkuriang itu…

  20. YeKyu mengatakan:

    makasih ya kak, artikel nya ngebantu banget ^^
    aku lagi cari gambar seri sangkuriang untuk bahan ajar
    makasih ^^

  21. faisal mengatakan:

    ini cerita terlalue panjang mohon bkin cerita yang pendek :D

  22. Adelia Marcelina mengatakan:

    lebih bagusnya lo itu turutin apa yang gue minta,gue minta dialog dikasih cerita!

  23. zahara mengatakan:

    wah keren juga ya ceritanya

  24. imuet mengatakan:

    ajaib!

  25. izza mengatakan:

    pendek tur kecil tulisannya

  26. fararirezpector mengatakan:

    kalu versi bahasa inggris GIMANA ?

  27. thitiend_crewet mengatakan:

    gagh ada dialog cerita.nya ??

    soal.nya lagi dpt tugas drama nich

    hoho :D

  28. ipang nexian vioyoko mengatakan:

    cerita tentang sangkuriang tetapi di terjemakan dengan bahasa inggris ya…?

  29. Mangiring mengatakan:

    Top cer

  30. ARwank Habrianto mengatakan:

    Bagi teman2 yang mau download Aplikasi BlackBerry, Thema atau Ringtone BlackBerry ke link ini aja ya :

    http://softwarebb.blogspot.com/

  31. Novi mengatakan:

    bgus sih , tapi syangnya tdak terlalu lngkap

  32. tasya mengatakan:

    BAGUS sekali ceritany tp syg gk terlalu lengkap

  33. tito mengatakan:

    cerita sangkurian bgs banget y

  34. DevinDS mengatakan:

    cerita ny bgs tpi pendek dan tidak lenkap seperti karangan:D

  35. magfira mengatakan:

    wah.. . . bagus sekali ceritanya

  36. ricky mengatakan:

    makasih kk ceritannya sangat bagus dan dapat menjadi pelejaran bagi kam!!!!!!!!!!!!!!!!

  37. Avnii Echa mengatakan:

    Bagus cerita nya,,
    ku mau deh doulowd nya v’ ga tau cara nya,,

  38. surya mengatakan:

    lah nurut bae

  39. puisi mengatakan:

    Makasih gan ceritanya membantu tugas ane :D

  40. margaretharere mengatakan:

    bfbfgrgrtgrert

  41. Elva Aro Julianto mengatakan:

    ceritanya sih kayaknya agak beda dari yg aslinya.

  42. Bagas Arga mengatakan:

    Nilai2 yang terkandung didalam cerita apa bales ya.. :3

  43. marwa mengatakan:

    wah keren juga ya

  44. alta safin azzahra mengatakan:

    kok sedikit sih kan gk bagus

  45. alta safina azzahra mengatakan:

    oh gitu ya ceritanya sedih juga ya!!!!!!

  46. baidho mengatakan:

    keunggulan dan kelemahan ceritanya apa..>?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PENULIS DAN EDITOR FREELANCE

Paskalina Oktavianawati (nama pena Askalin)
Penulis buku bacaan anak
Karya tulisan Askalin dapat dilihat di blog ini
Menerima pemesanan naskah berbagai tema
Menerima editing novel dan naskah berbagai bidang

Untuk bertanya dapat mengirim
email ke paskalina82@gmail.com
atau sms ke 08159898723 dan 085697602414

Twitter Terbaru

Pilih Kategori

BELI BUKU DIGITAL

Beli Tote Bag Blacu Murah

Beli Goodie Bag Spunbond

%d blogger menyukai ini: