Paskalina – ASKALIN

Dari Paskalina untuk Semua

DONGENG: Sang Kancil dengan Buaya

kancilPada zaman dahulu Sang Kancil merupakan binatang yang paling cerdik di dalam hutan. Banyak binatang di dalam hutan datang kepadanya untuk meminta pertolongan apabila mereka menghadapi masalah. Walaupun ia menjadi tempat tumpuan binatang-binatang di dalam hutan, tetapi ia tidak menunjukkan sikap yang sombong malah bersedia membantu kapan saja.

Suatu hari Sang Kancil berjalan-jalan di dalam hutan untuk mencari makanan. Karena makanan di sekitar kawasan kediamannya telah berkurang, Sang Kancil pergi untuk mencari di luar kawasan kediamannya. Cuaca pada hari itu, sangat panas dan terlalu lama berjalan, menyebabkan Sang Kancil kehausan. Lalu, ia berusaha mencari sungai terdekat. Setelah mengelilingi hutan akhirnya Kancil aliran sungai yang sangat jernih airnya. Tanpa membuang waktu, Sang Kancil minum sepuas-puasnya. Dinginnya air sungai itu menghilangkan rasa dahaga Sang Kancil.

crocodileKancil terus berjalan menyusuri tebing sungai. Apabila terasa capai, ia beristirahat sebentar di bawah pohon beringin yang sangat rindang. Kancil berkata di dalam hatinya “Aku mesti bersabar jika ingin mendapat makanan yang lezat-lezat.” Setelah rasa capainya hilang, Sang Kancil kembali menyusuri tebing sungai tersebut sambil memakan dedaunan kegemarannya yang terdapat di sekitarnya. Ketika tiba di satu kawasan yang agak lapang, Sang Kancil memandang kebun buah-buahan yang sedang masak ranum di seberang sungai. “Alangkah enaknya jika aku dapat menyeberangi sungai ini dan dapat menikmati buah-buahan tersebut,” pikir Sang Kancil.

Sang Kancil terus berpikir mencari akal bagaimana cara menyeberangi sungai yang sangat dalam dan deras arusnya itu. Tiba-tiba Sang Kacil memandang Sang Buaya yang sedang asyik berjemur di tebing sungai. Sudah menjadi kebiasaan buaya, apabila hari panas buaya suka berjemur untuk mendapat cahaya matahari.Tanpa berlengah-lengah lagi kancil menghampiri buaya yang sedang berjemur lalu berkata,” Hai sahabatku Sang Buaya, apa kabarmu hari ini?” Buaya yang sedang asyik menikmati cahaya matahari membuka mata dan didapati Sang Kancil yang menegurnya. “Kabar baik sahabatku, Sang Kancil.” Sambung buaya lagi, “Apakah yang menyebabkan kamu datang ke mari?”

“Aku membawa kabar gembira untukmu,” jawab Sang Kancil. Mendengar kata-kata Sang Kancil, Sang Buaya tidak sabar lagi ingin mendengar khabar yang dibawa oleh Sang Kancil, lalu berkata, “Ceritakan kepadaku apakah yang hendak engkau sampaikan?”

Kancil berkata, “Aku diperintahkan oleh Raja Sulaiman supaya menghitung jumlah buaya yang terdapat di dalam sungai ini karena Raja Sulaiman ingin memberi hadiah kepada kamu semua.” Mendengar nama Raja Sulaiman saja sudah menakuti semua binatang karena Nabi Sulaiman telah diberi kebesaran oleh Allah untuk memerintah semua makhluk di muka bumi ini. “Baiklah, kamu tunggu di sini, aku akan turun ke dasar sungai untuk memanggil semua kawanku,” kata Sang Buaya. Sementara itu, Sang Kancil sudah berangan-angan untuk menikmati buah-buahan. Tidak lama kemudian, semua buaya yang berada di dasar sungai berkumpul di tebing sungai. Sang Kancil berkata “Hai buaya sekalian, aku telah diperintahkan oleh Nabi Saulaiman supaya menghitung jumlah kamu semua karena Nabi Sulaiman akan memberi hadiah yang istimewa pada hari ini.” Kata kancil lagi, “Berbarislah kamu merentasi sungai mulai dari tebing sebelah sini sampai ke tebing sebelah sana.”

Karena perintah tersebut datangnya dari Nabi Sulaiman, semua buaya segera berbaris tanpa membantah. Kata Buaya, “Sekarang hitunglah, kami sudah bersedia.” Sang Kancil mengambil sepotong kayu yang berada di situ lalu melompat ke atas buaya yang pertama di tepi sungai dan ia mulai menghitung dengan menyebut “Satu dua tiga lekuk, jantan betina aku ketuk,” sambil mengetuk kepala buaya hingga Kancil berjaya menyeberangi sungai. Ketika sampai ditebing seberang, Kancil terus melompat ke atas tebing sungai sambil bersorak gembira dan berkata, “Hai buaya-buaya sekalian, tahukah kamu bahwa aku telah menipu kamu semua dan tidak ada hadiah yang akan diberikan oleh Nabi Sulaiman.”

Mendengar kata-kata Sang Kancil semua buaya merasa marah dan malu karena mereka telah ditipu oleh kancil. Mereka bersumpah dan tidak akan melepaskan Sang Kancil apabila bertemu pada masa akan datang. Dendam buaya tersebut terus membara hingga hari ini. Sementara itu Sang Kancil terus melompat kegembiraan dan terus meninggalkan buaya-buaya tersebut dan menghilangkan di dalam kebun buah-buahan untuk menikmati buah-buahan yang sedang masak ranum itu.

Sumber teks: http://members.tripod.com/

sumber gbr: http://saifulislam.com/ dan http://www.gifs.net/Animation11/

About these ads

Filed under: DONGENG, , , , , ,

177 Responses

  1. YBU mengatakan:

    Kasihan buayanya……

    Kasih bebek kali diem dia….

  2. paska mengatakan:

    hahahahahaha ;)

  3. priska mengatakan:

    hm..untuk mencari si kancil, maka banyak buaya2 yang ada di daratan. hehe. {SENSOR} buat anak2anak aja sih..

    boleh donk mbk, klo ada dongengnya hans christian andersen…

  4. paska mengatakan:

    Tunggu saja… dongeng HC Andersen akan segera di Upload…:)

  5. Sjamsir Sjarif mengatakan:

    Buaya di daratan itu namanya Buaya Kering.
    Hati-hati para Kancil yang Cerdik!

  6. wiraswadma mengatakan:

    :) tar saya kasih tahu deh…. bedanya buaya air sama buaya darat… hehehe…

  7. andrew mengatakan:

    foto agak byk dong

  8. oki mengatakan:

    cerita nya ba bagus.

    gu gus gu gus.

    hahahahahahahha.

  9. somat mengatakan:

    +hhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhmmmmmmmmmm……………………..

  10. michael mengatakan:

    Tambah dunkz Fotonya supaya lebih bagus ,.,.,.

  11. aaa mengatakan:

    tampil dlm bhs inggris donk

  12. millenia mufta mengatakan:

    hahaha….
    kancil dimana mana licik mulu yah???

  13. syiez banglaststtret mengatakan:

    :-p

  14. badru jaman mengatakan:

    licik nya kou kancil seperti aku

  15. ikmaji sobirin mengatakan:

    huh capenya nulis samapai terakhir pegel

  16. ayu mengatakan:

    ceritanya bagus n kasian buayanya karena kecerdikan si kancil.but,mennurut q si buaya gampang terpengaruh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  17. Trezhulla's Blog mengatakan:

    […] Posted: Januari 12, 2009 by Paskalina ‘Lea Lina’ in DONGENG Tag:anak, Buaya, Cerita, DONGENG, Fabel, Kancil 21 […]

  18. riki mengatakan:

    gambarnya bagus sekali

  19. uwi mengatakan:

    bagussssssssssssssssssssssssssssssssss!

  20. bagussssssssssssssssssssssssssssssssss!

  21. indah mengatakan:

    GaMBAR NYA BAGUS

  22. bsa g critanya di bhsa inggriskn

  23. eva c'rahmawatii mengatakan:

    walahhhhh lucu sekalii..

  24. fadhila nurul mengatakan:

    cerdik banget y kancil? apa ga kaya bayi yg ngomongnya tatatatatatatatatttttattatatata…. kan lucu banget tuh……… aq jd pengen cerdik dalam kebaikann….

  25. muhammad ferda mengatakan:

    kancil baik dr pd buaya

  26. ghafara coy aja mengatakan:

    HAHAHA BUAYA NYA BODOH AMAT HAHAHA KENAK TIPU

  27. AFIQAH mengatakan:

    i love this one.. :D

  28. herni handayani mengatakan:

    ceritanya bagus sekalli , saya suka membacanya
    lain kalli bikin lagii dongeng-dongeng yg bagus
    yy..,… :) :( :* (^^^)

  29. erma mengatakan:

    waahhh lucu bangett… menurut ku tuh buaya percaya amat sih ama kancil dasar buaya bego

  30. Adit luph Dita mengatakan:

    mau comment apa aku juga gak tauk…..

  31. ani mengatakan:

    bagus dongenggx aku ska

  32. Reniantika Dwi Pratiwi mengatakan:

    aq bleh gk copy dongengx….
    soalx bgus banget ceritanya ingin banget copy cerita it dr dulu tp mzih aj blom pnya e-mail

  33. talentalimbong mengatakan:

    hahahahaha………….

  34. Reniantika Dwi Pratiwi mengatakan:

    ohh ya..
    km pnya dongeng lg gk aq soalnya ad tgaz dongeng…..

  35. Ngadiyar Pawiro mengatakan:

    mbak lina bagi2 ceritanya dong ! boleh kan ?

  36. titi mengatakan:

    hahaahaahah sngat kejam sang buaya :)

  37. titi mengatakan:

    aduhhh gimana sih caranya untuk ngpy doneng susah banget eyy
    :O

  38. risha mengatakan:

    sang kancil itu memang cerdik lahhhhhhhhhhhh

  39. ARGA mengatakan:

    hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahhhahahahah

  40. michel mengatakan:

    luchu juga ceritanya lain kali buat yang tokohnya ada 3 orang dong!!!!
    hehe :D :P

  41. Vella_Vello mengatakan:

    Wahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh
    #Kenapaa ?
    Gapapa :D

  42. Shafira mengatakan:

    Si KANCIL BENER2 CERDIKNYA BUKAN DI PAKAI UNTUK KEBAIKAN MALAH DI PAKAI UNTUK MENIPU.KAN KASIHAN BUAYA TERIMA AJA NANTI JUGA SI KANCIL DAPET BALASANNYA SENDIRI IYA NGAK?????

  43. risma mengatakan:

    ceritanya kurang panjang

  44. ari mengatakan:

    kasihan sekali ya buayanya…

  45. RINALDI mengatakan:

    Gx seru ni kancil cerdik tapi kecerdikan’y buat menipu !!

  46. Aiueo mengatakan:

    Terlalu bwanyak tu komentar ny,,,
    :-)

  47. reinir mengatakan:

    kwkwwkwkwk buaya bodoh masa gitu aja kena tipu sama kancil

  48. Hary mengatakan:

    aduh gambarnya kurang lengkap brow

  49. M.ANNAS AL-KAMIL mengatakan:

    bagus sekali ceritanya….
    I LIKE THIS
    ada ndak ceritanya kancil yang lebih dari 700 kata,,kalau ada blh ditulisin ndak…??
    trima kasih,

    ohya ceritanya bagus tapi terlalu pendek tidak memuaskan…

  50. M.ANNAS AL-KAMIL mengatakan:

    BAGUS CERITANYA
    tapi
    ada ndak ceritanya kancil yang lebih dari 700 kata…kalau ada blh ditulisin ndak>>>??

  51. fadelanugrah mengatakan:

    anjing ini cerita susah banget :P

  52. Bella mengatakan:

    Pesan moralnya dikasih juga dong !!! plis..,,,,,,,,,,,,

  53. pipinursafitrah mengatakan:

    Hhhhhhhh,.,Dasar kancil si cerdi,,pintar banget nipux!!:D

  54. Idham mengatakan:

    lucu2…..

  55. Novianputri mengatakan:

    Waaaaaahhh
    kancil hebat ya….

  56. ayu mengatakan:

    Bagus banget ceritanya

  57. Umar Melodi mengatakan:

    Seru banget maz brow, jadi inget masa kecil aku.

  58. rini agustiawati mengatakan:

    komennya sip-sip dah.critanya sip juga.

  59. nur aqsal mengatakan:

    hahaha buaya kalah sama kancil jadi pengen punya otak kaya kancil mkan apaan sih dia?

  60. sharmila mengatakan:

    hahaha kancil telah menipu buaya;

  61. fadya mengatakan:

    ada farid ga

  62. wily mengatakan:

    ni siapa ya?

  63. trkomko mengatakan:

    tak seru cerita mu ha ha ha bagus lah tongat ku huu huuuuuuuuu kah kah

  64. Anand mengatakan:

    Gk ada versi jawanya ta ???

  65. sovi mengatakan:

    sypa tw

  66. timbul mengatakan:

    Hei,ada gak kancil dan aku

  67. timbul mengatakan:

    komen q pling mantap

  68. Buayanya dikasih nasi goreng aja,,, atau kancilnya suruh makan buaya, biar gak ada yang dimakan buaya lagi…

  69. Jordan mengatakan:

    Asal nya dari mana

  70. Tidak di sangka ternyata si kancil cerdik

  71. sityalifah mengatakan:

    ceritanya panjang sekali

  72. suryaindra mengatakan:

    wkwkwkwkwkw kasihan sekali ya si buaya

  73. Anggi Azahra mengatakan:

    Makasih cerita nya, aku jadi bisa presentasi di kelas :D :D

  74. Audry Cicilia mengatakan:

    Thx banget!!! aku butuh ni buat tugas tapi masih harus nyari Mitos, Legenda, dan Sage !!! Ngomong ngomong Sage itu apa ya :P

  75. […] Yuk Mari kita sama-sama membaca dongengnya. Anda bisa meng-KLIK DI SINI […]

  76. chintiya mengatakan:

    :)

  77. ilham syahfitra mengatakan:

    wah kancil memang cerdik sekali ya :D

  78. SAD ASD mengatakan:

    GOOD LUCK

  79. adeks mengatakan:

    segitu doang ceritanya?

  80. Dion Prakasa mengatakan:

    Keren masih ada karya anak Negara kita

  81. ridho waliyudin mengatakan:

    yaxx dong anak indonesia kan pintar 2

  82. Kedar love Rachel mengatakan:

    Dua tiga ayam berlari
    sang buaya tertipu lagi

    memang kancil hewan yang cerdik ea apalge yg ditipu nya buaya

  83. Avenged amoeba mengatakan:

    .kancil itu sngat cerdik.!!!

  84. Rahmi Ramadhani mengatakan:

    boleh aku copas ? soalnya buat pr b. indonesia.

  85. HAJAR mengatakan:

    best nyer cite nie

  86. Muhammad Ryan mengatakan:

    kancilnya ituh cerdik banget….

  87. Rahman Mulia Siregar mengatakan:

    kasihan buawanya nya ya

  88. pelangi mengatakan:

    kreen bgt dongeng nya

  89. fambudi mengatakan:

    :D

  90. tolu mengatakan:

    unik dongengnya

  91. nurjaman123 mengatakan:

    :* like it’s

  92. nurjaman123 mengatakan:

    keren lah :p :D :)

  93. valencia mengatakan:

    bagus semua y

  94. rafly maulana mengatakan:

    saakene regk,
    Buaya ny ksihan,mank mana dah Nabi Sulaiman,
    dah adah jah deh..
    He’emmbbb……. (y)

  95. gulirbawah mengatakan:

    kasihan yang baca ya….mendramatisir hehehe….peace!

  96. ITAQUL DW RHMWT (TIA) mengatakan:

    ceritanya lucu dech, aq suka banget, masih da yg lebih lucu lg g yaa..!!? trims.

  97. salamender mengatakan:

    LLLLLLLLLLLLLLLLOOOOOOOOOOOOOOOOOLLLLLLLLLLLLLLL

  98. lina mengatakan:

    teman-teman kalau saya jual buku analisis dongeng-cerpen-drama, adakah yang mau beli???

  99. […] Dongeng : Sang Kancil Dengan Buaya […]

  100. Iqbal Adedarma mengatakan:

    memang betul2 cerdik kau cil,,lanjutkan perjuangan mu heheh

  101. CahKece mengatakan:

    bagus la :v

  102. ah nggak seru. masa’ dari dulu kancil cerdik trus hehehehehehe

  103. fayza fatika meylandinniah mengatakan:

    wah cerdikny si kancil tuh

  104. 0811517174 mengatakan:

    penerbit ny siapa ya

  105. sasya nuraini mengatakan:

    oh ya dongeng nyah terlalu banyak

  106. caca mengatakan:

    boleh copas gak buat tugas

  107. robi mengatakan:

    kancil dan buaya

  108. satrio bagus permadi mengatakan:

    kasihan sekali

  109. aryudha pratama mengatakan:

    bisen kali kancil ada yg beruntung terussss

  110. aryudha pratama mengatakan:

    \ @ /
    / / sipppppp……………..
    /_/
    / \

  111. riya miftakhuljannah mengatakan:

    my ALLAH blEss yoU ……

  112. darto keplek mengatakan:

    belum baca

  113. imanda bayu mengatakan:

    siiiip buat tugas gue

  114. raya agustin mengatakan:

    kancil pandai banget yah salam ria safirah yang cantik unyu membhana ini

  115. ria safirah mengatakan:

    kancil cerdik bangeet yh salam ria safira yang cantik unyu membahana ini

  116. teguh iman sejati mengatakan:

    bagus ceritanya tapi kasian tau buaya nya

  117. teguh iman sejati nax bintang alam mengatakan:

    nama darto keplek atau darto geblek

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PENULIS DAN EDITOR FREELANCE

Paskalina Oktavianawati (nama pena Askalin)
Penulis buku bacaan anak
Karya tulisan Askalin dapat dilihat di blog ini
Menerima pemesanan naskah berbagai tema
Menerima editing novel dan naskah berbagai bidang

Untuk bertanya dapat mengirim
email ke paskalina82@gmail.com
atau sms ke 08159898723 dan 085697602414

Twitter Terbaru

Pilih Kategori

BELI BUKU DIGITAL

Beli Tote Bag Blacu Murah

Beli Goodie Bag Spunbond

%d blogger menyukai ini: