Paskalina – ASKALIN

Dari Paskalina untuk Semua

Cerita Rakyat Bali: MANIK ANGKERAN, ASAL MULA SELAT BALI

Pada zaman dulu di kerajaan Daha hiduplah seorang Brahmana yang benama Sidi Mantra yang sangat terkenal kesaktiannya. Sanghyang Widya atau Batara Guru menghadiahinya harta benda dan seorang istri yang cantik. Sesudah bertahun-tahun kawin, mereka mendapat seorang anak yang mereka namai Manik Angkeran.

Meskipun Manik Angkeran seorang pemuda yang gagah dan pandai namun dia mempunyai sifat yang kurang baik, yaitu suka berjudi. Dia sering kalah sehingga dia terpaksa mempertaruhkan harta kekayaan orang tuanya, malahan berhutang pada orang lain. Karena tidak dapat membayar hutang, Manik Angkeran meminta bantuan ayahnya untuk berbuat sesuatu. Sidi Mantra berpuasa dan berdoa untuk memohon pertolongan dewa-dewa. Tiba-tiba dia mendengar suara, “Hai, Sidi Mantra, di kawah Gunung Agung ada harta karun yang dijaga seekor naga yang bernarna Naga Besukih. Pergilah ke sana dan mintalah supaya dia mau mernberi sedikit hartanya.”

Sidi Mantra pergi ke Gunung Agung dengan mengatasi segala rintangan. Sesampainya di tepi kawah Gunung Agung, dia duduk bersila. Sambil membunyikan genta dia membaca mantra dan memanggil nama Naga Besukih. Tidak lama kernudian sang Naga keluar. Setelah mendengar maksud kedatangan Sidi Mantra, Naga Besukih menggeliat dan dari sisiknya keluar emas dan intan. Setelah mengucapkan terima kasih, Sidi Mantra mohon diri. Semua harta benda yang didapatnya diberikan kepada Manik Angkeran dengan harapan dia tidak akan berjudi lagi. Tentu saja tidak lama kemudian, harta itu habis untuk taruhan. Manik Angkeran sekali lagi minta bantuan ayahnya. Tentu saja Sidi Mantra menolak untuk membantu anakya.

Manik Angkeran mendengar dari temannya bahwa harta itu didapat dari Gunung Agung. Manik Angkeran tahu untuk sampai ke sana dia harus membaca mantra tetapi dia tidak pernah belajar mengenai doa dan mantra. Jadi, dia hanya membawa genta yang dicuri dari ayahnya waktu ayahnya tidur.

Setelah sampai di kawah Gunung Agung, Manik Angkeran membunyikan gentanya. Bukan main takutnya ia waktu ia melihat Naga Besukih. Setelah Naga mendengar maksud kedatangan Manik Angkeran, dia berkata, “Akan kuberikan harta yang kau minta, tetapi kamu harus berjanji untuk mengubah kelakuanmu. Jangan berjudi lagi. Ingatlah akan hukum karma.”

Manik Angkeran terpesona melihat emas, intan, dan permata di hadapannya. Tiba-tiba ada niat jahat yang timbul dalam hatinya. Karena ingin mendapat harta lebih banyak, dengan secepat kilat dipotongnya ekor Naga Besukih ketika Naga beputar kembali ke sarangnya. Manik Angkeran segera melarikan diri dan tidak terkejar oleh Naga. Tetapi karena kesaktian Naga itu, Manik Angkeran terbakar menjadi abu sewaktu jejaknya dijilat sang Naga.

Mendengar kernatian anaknya, kesedihan hati Sidi Mantra tidak terkatakan. Segera dia mengunjungi Naga Besukih dan memohon supaya anaknya dihidupkan kembali. Naga menyanggupinya asal ekornya dapat kembali seperti sediakala. Dengan kesaktiannya, Sidi Mantra dapat memulihkan ekor Naga. Setelah Manik Angkeran dihidupkan, dia minta maaf dan berjanji akan menjadi orang baik. Sidi Mantra tahu bahwa anaknya sudah bertobat tetapi dia juga mengerti bahwa mereka tidak lagi dapat hidup bersama.

“Kamu harus mulai hidup baru tetapi tidak di sini,” katanya. Dalam sekejap mata dia lenyap. Di tempat dia berdiri timbul sebuah sumber air yang makin lama makin besar sehingga menjadi laut. Dengan tongkatnya, Sidi Mantra membuat garis yang mernisahkan dia dengan anaknya. Sekarang tempat itu menjadi selat Bali yang memisahkan pulau Jawa dengan pulau Bali.


Sumber: www.seasite.nie.edu


About these ads

Filed under: CERITA RAKYAT, , , , , ,

32 Responses

  1. Denmaz mengatakan:

    Cerita-cerita rakyak begini, legenda, dongeng sangat dibutuhkan oleh anak-anak setidaknya dapat mendorong minat baca mereka

    Sukses

    • paskalina mengatakan:

      Betul banget
      anak-anak sekarang sepertinya dah lupa cerita daerahnya sendiri
      kita harus mengingatkan anak-anak
      kalo negerinya kaya cerita
      ceritanya juga ga kalah dengan cerita putri salju atau cinderella

  2. Super_Junior_ELF mengatakan:

    Betul Tuh!!!!
    Ingtny cmn DBSK or SuJu aja!!!
    Gw jg sk sie bnerny….,,,
    Eeteuk&eunhyuk Saranghae!!!,,,
    Moga2,,,
    SuJu Lyat komentarQ ini!!!
    Muah…
    Moga2 succes 4 ever…

  3. ananta_pramita mengatakan:

    yang suka sama cerita beginian gak cuma anak2 lagi……..aku juga suka,dengan baca cerita rakyat aku jadi makin bangga sama Indonesia………….

  4. Name mengatakan:

    BAGUS

  5. Daniel mengatakan:

    Saya Daniel, saya ingin menyatakan bahwa comment yang diatas bukan dari saya!!!!!!!!!!!!!!!!!

  6. ,wiiyudiiiiii,Ct,Daniel,Mozart mengatakan:

    Yang commemt diatas bukan Daniel, tapi orang iseng yang gak ada kerjaan……..
    Beneran, Semoga orang yang mengatasnamakan saya mendapatkan ganjarannya!!!!!!!!

  7. Paskalina mengatakan:

    komentarnya kuDELETE aja deh ya

  8. Seno mengatakan:

    Ceritanya memang bagus…………………….

  9. Tedy mengatakan:

    Oklah kalau begitu……………..

  10. Sesen March mengatakan:

    Ok……..

  11. TIFANY mengatakan:

    KEREN CRITANAAAAAAAA

  12. ganesha mengatakan:

    bagus bgt ceritnya…
    klo bisa cerita tentang desa panji dong…

  13. paskalina mengatakan:

    Tunggu ya, di cari dulu :)

  14. ajoenk di@n mengatakan:

    tapi kak…anak” dri bali mash inget kox cerita rakyat kyk gni……
    klo misalnya cerita rakyat calon arang bruuuuuu….sedikit yg tahuuuuu…. :)

  15. ag_oenk diah mengatakan:

    bagus bngt twh. aku ska ceritanya.

  16. […] ASAL MULA SELAT BALI Filed under: CERITA RAKYAT by Paskalina ‘Lea Lina’ — […]

  17. agus mengatakan:

    bgus”, yang maha brata gx ada ea???

  18. apry mengatakan:

    cerita dari bali ny seru bner,,,,,,
    knapa cerita ny gaq di perpanjang lg,,,,

  19. gung wira mengatakan:

    ceritanya bagus sekali…
    jadi tau kisah cerita ini….
    makasi yaw….

  20. ryan_@bagong mengatakan:

    smuanya bagus,di tingkatin tyuz or tmbh mklahnya.ok
    q turut ksh spirit dr sni,,

  21. Arya mengatakan:

    cerita yang bagus. ada ceritanya si pitung ga?

  22. Angel mengatakan:

    Thank’s crita nya.ngebantu bgt buat aq yg lg belajar tentang bali.coz calon ku org bali,n mau gak mau aq hrs cari tau tentang tanah kelahiran dia.

  23. yessy mengatakan:

    kok gak isi dialog

  24. DestrI mengatakan:

    Baguusss bgt critanya.. Bagus utk pelajaran generasi sekarang n akn datang :P

  25. satria mengatakan:

    weeeeeeeeeeeee gag ad yg bhasa bli

  26. RIKO ALFIAN mengatakan:

    mank bagus ini cerita rakyat bali

  27. RIKO ALFIAN mengatakan:

    ya terima kasi atas komentarx

  28. Adinda Safira Permana mengatakan:

    unsur intrinsik nya mana ?

  29. ayisss mengatakan:

    bisa selipin maknanya gak ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PENULIS DAN EDITOR FREELANCE

Paskalina Oktavianawati (nama pena Askalin)
Penulis buku bacaan anak
Karya tulisan Askalin dapat dilihat di blog ini
Menerima pemesanan naskah berbagai tema
Menerima editing novel dan naskah berbagai bidang

Untuk bertanya dapat mengirim
email ke paskalina82@gmail.com
atau sms ke 08159898723 dan 085697602414

Twitter Terbaru

Pilih Kategori

BELI BUKU DIGITAL

Beli Tote Bag Blacu Murah

Beli Goodie Bag Spunbond

%d blogger menyukai ini: