Paskalina – ASKALIN

Dari Paskalina untuk Semua

Cerita Rakyat Jawa Tengah: Terjadinya Kota Magelang (Bagian 1)

Dahulu kala Kerajaan Pajang dengan rajanya bernama Sultan Hadiwijaya. Sedang Kadipaten Jipang dipimpin olah Arya Penangsang. Kedua tokoh tersebut saling berselisih. Arya Penangsang dikenal sebagai orang yang sombong, karena keampuhannya.

Perselisihan kedua tokoh tersebut mengakibatkan perang sehingga banyak korban berjatuhan dari kedua daerah.

Saat pertempuran itu terjadi, Hadiwijaya memberi kepercayaan kepada Danang Sutawijaya sebagai panglima perang. Danang Sutawijaya adalah anak angkat Sultan Hadiwijaya. Danang sebagai senopati perang didampingi oleh Ki Gede Pemanahan.
Dengan semangat yang tinggi dan bekal senjata tombak Kyai Pleret, mereka berdua pergi melaksanakan perintah Sultan Hadiwijaya ke medan perang. Mereka beserta rombongan agar selamat dalam medan perang, dianjurkan tidak melalui sungai atau menyeberangi sungai. Karena kelemahan mereka terdapat pada air atau sungai, yang dapat mengakibatkan kekalahan.

Ketika peperangan terjadi, Arya Penangsang tewas oleh Danang Sutawijaya dengan tombak Kyai Pleret. Dengan tewasnya Arya Penangsang anak buahnya menjadi kalang kabut. Maka menanglah pihak Danang Sutawijaya.

Sutawijaya didampingi Ki Gede Pemanahan beserta seluruh pasukannya kembali ke Pajang dengan membawa kemenangan.

Gembiralah hati Sultan Hadiwijaya mendengar laporan kemenangan dari Sutawijaya.

Sebagai balas jasa, atas keberhasilan Sutawijaya, maka Sultan menghadiahkan tanah di daerah hutan Mentoak kepada mereka berdua.

Sejak saat itu Sutawijaya dan Ki Gede Pemanahan mulai mengubah hutan Mentoak dan membangunnya menjadi sebuah kerajaan. Maka berdirilah kerajaan Mataram. Dengan rajanya Danang Sutawijaya yang bergelar Panembahan Senopati.

Kerajaan Mataran di bawah pemerintahan Panembahan Senopati menjadi sebuah kerajaan besar yang mempunyai pengaruh luas.

Kemudian muncullah niat Panembahan Senopati untuk memperluas wilayah kerajaan.

~BERSAMBUNG~

cerita-rakyat-jawa-tengah-depan

Sumber:

Sudiati, V., dan Sujiati. 2002. Ulasan Cerita Rakyat Jawa Tengah. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.

About these ads

Filed under: CERITA RAKYAT, , , , , , , ,

49 Responses

  1. paskalina mengatakan:

    ya begitulah :)

  2. lana mengatakan:

    bisa g cerita ini pake bahasa jawa kan lhb menarik

  3. harfey mengatakan:

    mana yang bagian keduanya

  4. paskalina mengatakan:

    bagian ke-2nya ada, liat saja di kategori cerita rakyat

  5. opin mengatakan:

    haiiiii………..

  6. ningrum mengatakan:

    klo pake bhs inggris lebih ok..gmn ?

  7. Paskalina mengatakan:

    Bagus juga sih mbak ningrum, kalo pake bahasa inggris,
    mbak ningrum mau nerjemahinnya ke bahasa inggris :)

  8. Jati Ningrat mengatakan:

    Setahu gue lahirnya kota MAGELANG gak ada hubungannya dng kerajaan Mataram Islam baik tentang Sultan Hadiwijaya maupun Panembahan Senopati. Usia kota Magelang aja udah sampe 1100 tahun lebih & dianggap sebagai salah 1 kota tertua di Indonesia.
    Magelang berasal dari kata Maha Gelang disebut begitu karena kota ini dikelilingi oleh berbagai gunung dan perbukitan, seperti Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Tidar, Pegunungan Menoreh, dll dan sudah disebut sejak masa Dinasti Sanjaya pada masa kerajaan Mataram Hindu Buddha.
    Wah, mending belajar dulu yang benar baru nulis… Baca Buku Sriwijaya tulisan Prof. Dr. Slamet Muljana.

  9. Paskalina mengatakan:

    Jika ternyata cerita rakyat ini tidak benar atau tidak tepat, berarti bukan saya yang harus belajar nulis, karena tulisan ini dikutip dari buku Sudiati, V., dan Sujiati. 2002. Ulasan Cerita Rakyat Jawa Tengah. Yogyakarta: Yayasan Pustaka Nusatama.
    Saya kan sudah mencantumkan sumbernya.

  10. fie mengatakan:

    ei. blh dng ceritanya pk’ basa jawa kan enak kita bisa bljr basa i2

  11. ayu safira mengatakan:

    hai………………………….

  12. paskalina mengatakan:

    haiiiiiiiiii juga ayu

  13. R. Hendroyuwono mengatakan:

    Paskalina, terima kasih sudah share cerita2 di sini :)

  14. Paskalina mengatakan:

    Sip, mas Hendroyuwono. salam kenal :)

  15. brian mengatakan:

    bagus lo ceritanya

  16. Paskalina mengatakan:

    salam kenal brian,

    cerita rakyak memang bagus, mari kita sebarkan cerita rakyat asli indonesia!!!

  17. hermawan mengatakan:

    hai…………………………………………….pa kabar leh kenalan gk

  18. Paskalina mengatakan:

    salam kenal mas hermawan

    haiiiiiiiii jugggaaaaaaaaaaaaaaaa kabar baik

  19. andre mengatakan:

    wuuuhhhh kota q ternata keyen bgt….
    bda dri kta2 laenne.
    lom tentu semua kota di indonesia kya magelang…….

  20. Indra Ghautama B mengatakan:

    jiahhh bersambung,,,
    menarik jga critanya,,
    ga klhh mnarik sma kta kelahiran q(jatim)…
    ehhehehhe

  21. vhie mengatakan:

    iiiich mna bgian k dua’y xN Q ada tgas nuiiii tlong bntuin donxxXzzz mnculin enx bgian dua’y heE…..

  22. wulan mengatakan:

    knp crta.a tdk menggunakan bhs jawa………….

  23. egah mengatakan:

    kanpa bersambunk

  24. selvia mengatakan:

    knp ga d translate ke basa jawa…..
    kan lbh bgs…..susah bgt sih cri crita pke bs jawa……
    mw plih crita ini tp hrus ada basa jwany…..nie kan bs indo….

  25. paskalina mengatakan:

    dear selvia,

    Wah, bahasa jawaku kurang oke. Kamu beli kamus bahasa jawa aja, trus di translate sendiri, sekalian belajar bahasa jawa gitu.. :)

    _paska_

  26. gembalajateng mengatakan:

    kita terima saja ini sebagai cerita. mengenai sejarah bisa saja lain… koreksi sedikit, hutan mentoak itu salah ketik, harusnya mentaok. saya sendiri sekarang tinggal di mertoyudan…dan ada perbedaan ‘cerita’ sedikit tentang merto – yudo…sekali lagi ini cuma cerita, bukan sejarah…

  27. Icha mengatakan:

    dmn bagian ke-2 nya ??

  28. damar mengatakan:

    tampilkan part 2nd donk…..!!!!!!!

  29. sunarso AL-iskandar mengatakan:

    khoooo brsambung shiii….
    Ayeeee tee seeruuuu…

  30. irien clalu dihatie mengatakan:

    eh bisa gag ya langsung ke bahasa inggris jadi kalau kita cari ka bahasa inggris kan lebih mudah???? q sbagai anak magelang, jawa tengah jadi bangga dan tau sejarah kota q kayak gimana!!!! makasih ya dah bantu cari tugas….!!!!!!

  31. irien clalu dihatie mengatakan:

    eh tolong cari lagi donk cerita nusantara agar kita anak indonesia tau dan bangga dari sejarah -sejarah yang indonesia miliki!!!!! ^_^

  32. Jessika mengatakan:

    heeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeheheheheheheheehe

  33. arfa mengatakan:

    kalo mau cari cerita yang pake bhasa jawa dimana ya?
    yang tau di bales yaa
    butuh ni,,
    buat besok

  34. Sandra Vous Aime Tous mengatakan:

    :D……

  35. danywaspada mengatakan:

    Kok masih belum nyambung ya ceritanya?

  36. Neng Ebhy mengatakan:

    waCh xuGh berSambung siCh . . . . . . .

  37. Lessy mengatakan:

    Buat yg pke bhs jawa d0nk. .!!

  38. Sea mengatakan:

    menurut ku ceritanya kurang menarik,tapi tak apalahhhhh

  39. syafrizal mengatakan:

    luar bianasa….eehhhh….luar biasa….

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

PENULIS DAN EDITOR FREELANCE

Paskalina Oktavianawati (nama pena Askalin)
Penulis buku bacaan anak
Karya tulisan Askalin dapat dilihat di blog ini
Menerima pemesanan naskah berbagai tema
Menerima editing novel dan naskah berbagai bidang

Untuk bertanya dapat mengirim
email ke paskalina82@gmail.com
atau sms ke 08159898723 dan 085697602414

Twitter Terbaru

Pilih Kategori

BELI BUKU DIGITAL

Beli Tote Bag Blacu Murah

Beli Goodie Bag Spunbond

%d blogger menyukai ini: