Posted in Artikel

Keajaiban Mendongeng

Tahukah Anda, bahwa…

Mendongeng adalah pekerjaan yang kecil yang mendatangkan hasil yang sangat besar. Apa hasilnya? Anak adalah karunia terbesar dan terindah yang dititipkan Tuhan kepada kita. Setiap orang tua menginginkan anak super, anak jenius anak yang kreatif. Ingatlah bahwa anak jenius tidak dilahirkan. Mereka dibina! Pendidikan dimulai dari pangkuan Ibu, dan setiap kata yang diucapkan di telinga anak, akan membangun karakter mereka.

Lima belas menit waktu yang Anda sediakan untuk mendongeng akan membuka waduk besar berisi energi dan gagasan kreatif, yang terkunci di dalam diri anak. Mendongeng seperti membuat api dalam diri anak. Percikan api kecil itu merupakan percikan pi seorang jenius. Dia akan bersinar di dunia yang berisi kemungkinan-kemungkinan yang dahsyat.

Sayang sekali saat ini banyak sekali orang tua yang kehabisan waktu, segala macam target pekerjaan, sehingga tidak bisa meluangkan waktu untuk mendongeng bagi putra-putrinya.

Saya merasa nelangsa ketika melihat kondisi yang berubah, dari masa kanak-kanak saya dahulu ke masa sekarang. Zaman saya kecil saya seringkali di bacakan dongeng oleh Ibu, sebelum kami tidur.

Tiga puluh tujuh tahun umur saya kini dan kini saya masih mengingat dengan jelas cerita-cerita yang didongengkan Ibu kepada kami, sebagai pengantar tidur. Saya sangat bersyukur, bisa mendapatkan saat-saat bahagia seperti itu. Saya merasakan manfaat besar dongeng Ibu terhadap pertumbuhan kepribadian kami.

Tetapi anak-anak saat ini, termasuk anak saya tentunya, pengantar tidur mereka, tidak lagi, dongeng dari Ibu, tetapi televisi. Kita ketahui bahwa pada jam 20.00 WIB – 22.00 WIB, acara yang disajikan televisi tidak lagi sesuai dengan dikonsumsi untuk anak-anak. Bahkan terkadang untuk memberikan komentar tentang suatu tayangan televisi pun kita seringkali lupa, kendali di sudut atas bagian kiri tertulis “BO” atau Butuh Bimbingan Orang Tua.

Mendongeng merupakan batu loncatan penting dalam membentuk seorang anak super. Mendongeng memicu kekuatan berfikir yang super, yang melepaskan per-per imajinasi seorang jenius. Menurut ahli psikogi anak, pertumbuhan mental seorang anak berjalan sangat cepat, terutama sampai anak berusia enam tahun.

Sebelum pendidikan si anak dikemas ke dalam bentuk formal orang tua, atau kakek, nenek biasanya menjadi guru si anak. Mendongeng memiliki elemen penting dan vital bagi kuncup-kuncup pikiran anak. Sampai anak berusia ebam tahun, pola otak secara alami menyebabkan anak memiliki rasa ingin tahu untuk menjelajahi semua hal yang ada di sekitarnya. Rasa ingin tahu yang seakan tak terpuaskan. Anak-anak juga suka bermain dengan berbagai hal. Dia akan memasukkan kakinya yang kecil ke sepatu Anda yang besar. Semua itu merupakan bagian dari “temuan besar”. Ini adalah usia ketika seorang anak menjadi penjelajah, orang yang tersesat, pencari jejak, pelancong, petualang dan pengelana. Semua sifat itu menyatu dalam dirinya.

Karena itu mendongeng merupakan sebuah keharusan dalam pembentukan seorang jenius. Kekuatan mendongeng tidak boleh diremehkan. Sebuah cerita memiliki kekuatan yang tidak dapat dilihat, tapi benar-benar nyata, yang membantu anak membuka dunia yang penuh semangat, keriangan dan kegembiraan.

Manfaat yang mendongeng bagi anak

1. Merangsang kekuatan berfikir anak

Semua cerita memiliki alur yang baik, sebuah cerita dongeng akan membawa pesan moral, berisi tentang harapan, cinta dan cita-cita, tanpa menggurui. Sebuah cerita harus bisa merangsang rasa ingin tahu anak, apa yang terjadi kemudian? Ke mana dia pergi? Apa yang dilakukannya? Anak akan terbawa dengan kegairahan cerita. Anak Anda akan tumbuh dan berkembang bersama dongeng yang didengarnya. Dongeng merangsang dan menggugah kekuatan berfikirnya.

2. Membangkitkan imajinasi anak

Kata-kata kuat yang penuh makna dan kaya arti akan memicu berkembangnya imajinasi anak. Dalam mata pikirannya anak akan melihat dengan jelas suasana yang hidup dan sibuk di sebuah perkemahan, suara lecutan cambuk sapi dan geritan roda kereta. Melalui ini kreativitas anak akan terbangun oleh berbagai kemungkinan visual. Di dalam pikiran si anak akan berkembang imajinasi yang kuat untuk menjelajah dunia tokoh yang diceritakan.

3. Mengasah kepekaan anak terhadap bunyi-bunyian

Saat mendongeng, bakat akrobatik suara sangat berguna! Bagaimana menirukan suara orang tua yang lemah dan gemetar, auman seekor singa, suara monyet yang gugup dan melengking. Kita berusaha menghidupkan kata-kata yang dipilih si pengarang dan sangat cermat. Kata-kata bisa jadi sangat mengagumkan jika diucapkan dengan intonasi dan ekspresi yang berbeda. Hal ini akan mengasah pendengaran anak terhadap nuansa bunyi-bunyian.

4. Memupuk pengertian terhadap orang lain

Kita tentunya ingin anak memiliki banyak pengetahuan yang berguna agar bisa memahami orang lain. Itulah manfaat mendongeng. Tokoh-tokoh di dalam buku cerita akan terasa hidup. Anak akan bisa membedakan tokoh yang satu yang satu dan yang lainnya. Setiap tokoh akan menjadi temannya.

Dengan memahami tokoh, anak akan memahami dirinya. Ini merupakan tahap dari proses pertumbuhan proses pertumbuhan. Apabila pikirannya yang mampu membeda-bedakan, anak akan menerima kenyataan, bahwa monyet yang nakal berbeda dengan singa yang garang. Bahasa bunga merpati yang cinta damai, sangat berbeda dengan burung nasar pemakan bangkai. Ini akan menjadi pelajaran yang sangat berharga. Saat si anak tumbuh besar, dia akan belajar menghormati perbedaan.

5. Memupuk rasa cinta pada daerah

Menceritakan cerita rakyat berarti menambah harta karun pengetahuan sang anak. Selain itu cerita rakyat umumnya sederhana dan sarat dengan kualitas puitis. Cerita rakyat biasanya menggambarkan kehidupan orang atau kelompok masyarakat yang hidupnya dekat dengan alam cerita, secara tidak langsung ada menyamai tumbuhnya rasa cinta pada daerah.

6. Inspirasi dari orang-orang terkenal

Setiap orang tua tentunya ingin anaknya menjadi pintar dalam segala hal. memahami semua subjek dengan sangat baik. Cara terbaik untuk menarik minatnya adalah dengan menceritakan tentang orang-orang ternama, yang berperan dalam kehidupan kita. Orang tua bisa menceritakan tentang orang-orang terkenal di bidang Sejarah Ilmu Pengetahuan, matematika, musik bahkan para pembuat jalan kereta api dan lain-lain.

Kehidupan orang-orang besar bisa menjadi ilham yang luar biasa buat seorang anak. Dengan menceritakan kepada anak tentang kehidupan orang ternama, Anda akan memperkenalkan anak kepada dunia para genius. Ini adalah awal yang sangat baik sebuah titik lAndas yang hebat bagi si genius untuk pengepakan sayapnya di dalam atmosper yang sudah dimurnikan.

Dengan cara ini, orang tua memberi nilai tambah kepada anak mengarahkannya secara benar : mengisi tubuhnya dengan keinginan yang menggebu-gebu, dan motivasi yang memberikan daya dorong tambahan bagi kejeniusannya.

Jadi mengapa Anda masih belum punya waktu untuk membacakan cerita untuk anak? Dengan mendongeng orang tua akan membuka waduk besar berisi energi dan gagasan kreatif yang terkunci di dalam diri anak. Nah mulailah hari ini untuk menyemai bibit-bibit jenius di dalam diri anak Anda!

Selamat mencoba.

Ditulis oleh Linda Purnawati di http://www.senirupa.net

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s