Buku Anak

Resensi Buku Anak: Tari Daerah dari 33 Provinsi

tari-daerah-dr-33-pro-depanJudul: Tari Daerah dari 33 Provinsi, Penerbit: Tera for Junior, Genre: Buku anak, Penulis: Tim Tera, Tahun Terbit: 2008, Tebal: viii+204, ISBN: 978-775-041-8


Begitu banyak buku anak yang bertebaran dari toko buku. Ada buku bergenre calistung (membaca, menulis, dan berhitung), cerita adaptasi dari luar negeri (dongeng, fabel), dan ada pula genre sains untuk anak.

Di manakah buku yang mengenalkan anak pada budaya Indonesia? Padahal Indonesia memiliki kekayaan budaya yang mengagumkan, salah satunya tari daerah. Bagaimana kita mengenalkan keberadaan tari daerah kepada generasi di bawah kita? Daerah Jawa Barat memiliki tari Jaipong, Jawa Tengah memiliki tari Gambyong, dan Sulawesi Utara memiliki tari Mangengket.

Tera of Junior menawarkan sebuah buku untuk anak berjudul Tari Daerah dari 33 Provinsi. Buku ini memperkenalkan kepada anak seni tari yang ada di Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua. Melalui buku ini, anak-anak akan mengetahui betapa tanah airnya memiliki kekayaan tarian yang tak kalah dengan tarian-tarian dari luar negeri.

Belakangan ini ada kesenian dan aset budaya Indonesia diakui oleh bangsa lain sebagai milik mereka. Tentunya kita tidak ingin salah satu tari daerah juga diakui oleh bangsa lain. Sekaranglah saatnya, menanamkan rasa mencintai dan memiliki seni tari generasi anak-anak kita, supaya budaya dan aset budaya Indonesia terlestarikan.

Tari Daerah dari 33 Provinsi menunggu untuk menjadi salah satu koleksi buku anak-anak Anda.

7 thoughts on “Resensi Buku Anak: Tari Daerah dari 33 Provinsi

  1. saya sangat senang dgn kebudaya an yg ada di indonesia,,,,,,, dengan kesenengan saya ini dengan kebudaya an yg ada di indonesia,,,,, saya kuliah ngambil jurusan seni tari di STKIP PGRI BANJARMASIN ,,, di situ saya sangat banyak mengenl tari2 an yg ada di indonesia,,, terutama pada daerah saya sendiri,,, yaitu kalimantan,,,, di kalimantan saja banyak beragam tarian ,,,, terutama pada tarian japi ,,,,,
    saya harap saya lbh banyak tao tentang kesenian yg ada di indonesi ,,, agar kelak saya bisa menyalur kan ilmu saya kepada anak didik saya ,,, dan saya akan mengabdi kepada kesenian n kebudaya an yg ada di indonesia ini,,, agar nanti y tidak punah ??????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s