Resensi Buku: Tuan Lokomotif dan Dongeng-dongeng Lain

Judul Buku : Tuan Lokomotif dan Dongeng-dongeng Laintuan-lokomotif-depan

Penulis : Renny Yaniar

Penerbit : Pustaka Riang

Tahun terbit : 2008

Genre : Dongeng

Tebal : 64 halaman

ISBN : –

Lagi-lagi pantas diucapkan profisiat untuk Renny Yaniar. Setelah buku cerita anak Perjalanan Para Lobster, Renny kembali memberikan buku gratis untuk anak indonesia. Buku itu berjudul Tuan Lokomotif dan Dongeng-dongeng Lain.

Buku ini memuat 5 dongeng yang isi ceritanya sangat menarik. Meski buku ini ditujukan untuk anak-anak, orang dewasa juga patut sekali membaca buku dongeng ini. Mengapa demikian? Karena pesan yang tercermin dalam dongeng-dongeng ini bersifat universal. Misalnya, pada dongeng yang berjudul ”Penjual Buah dan Wanita Tua”.

Dalam dongeng itu dikisahkan tentang penjual buah bernama Lingga yang dagangannya tidak laku. Ibu Lingga sangat khawatir dengan keadaan itu. Ibu Lingga menyamar menjadi salah seorang pembeli buah di kios buah milik Lingga. Diketahuilah oleh Ibu Lingga penyebab dagangan anaknya tidak laku. Ternyata, sikap Lingga-lah yang membuat dagangannya tidak laku. Lingga bersikap acuh tak acuh dan ketus pada setiap pembeli. Hal ini membuat pembeli tidak ingin membeli buah pada Lingga. Ibu Lingga menasihati anaknya supaya merubah sikapnya kalau ingin jualannya laku. Akhir cerita, Lingga telah merubah sikapnya. Kios buah milik Lingga ramai dipadati pembeli.

Cerita dongeng ini memang sederhana tapi di dalam nya mengandung nilai-nilai yang luhur. Sikap acuh tak acuh pada orang lain tentu pernah kita lakukan. Dan, kita tidak menyadari bahwa sikap kita itu akan merugikan diri kita sendiri.

Bagi orang tua, buku dongeng dapat menjadi penyampaian nilai-nilai moral pada anak. Mungkin saat ini jarang ada orang tua yang memberikan dongeng sebelum bagi anak-anak mereka. Tetapi, percaya atau tidak, kegiatan mendongeng orang tua pada anak dapat meningkatkan kualitas hubungan dan komunikasi antara anak dan orang tuanya. Buku dongeng ini atau buku dongeng lain dapat membantu orang tua untuk mendongeng pada anak-anak.

Dapat dibaca juga di www.wisata-buku.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s