Posted in Artikel, Buku Anak, Cerita Anak, DONGENG, Gramedia Pustaka Utama, Kabar_kabari

(JJS) Jalan-jalan Siang di Toko Buku

Hasil JJS (jalan-jalan siang) di Gramedia Matraman, Minggu, 15 Juli 2012

Pukul10 pagi matahari sudah begitu terik. Ingin rasanya cepat-cepat, tak perlu melewati jalan yang begitu terik plus kepadatan kendaraan motor yang semakin padat saja. Memang, kapan pun Jalan Ibukota ini tanpa pernah absen dari kepadatan lalulintas, pagi, siang, sore, malam, tetap saja padat dan selalu harus berjibaku melawan kerasnya jalanan. Ingin pergi saat jalanan sepi, apa ada toko buku gramedia yang buka jam 1 pagi??
Ah Jakarta akan terus demikian, yang tak betah silakan segera merapat ke kampung halaman (jika kampung halamannya di luar jakarta). Mengungkapkan tentang jalanan jakarta, rasa-rasanya tak akan habisnya. Ya sudahlah..

Ajak anak ke toko buku

Berada di toko buku memang menyenangkan, selain karena adem full ac, aku senang melihat anak-anak antusias memilih-milih buku. Hari libur memang paling baik jika orangtua mengajak anak-anak mereka ke toko buku. Atau menyarankan anak-anak pergi ke toko buku. Memang lebih bermanfaat bagi anak jika berada di toko buku meskipun tak berminat pada buku, daripada berada di mal dengan segala hiruk pikuknya. Paling tidak dengan berada di toko buku anak terbiasa dengan melihat-lihat gambar pada buku, ikut-ikutan beli buku seperti temannya, dan sebagainya.

  (Anak-anak asyik di toko buku)

Buku busa, aman untuk anak

Rak favoritku di toko buku adalah rak buku anak. Senang rasanye melihat buku-buku dengan aneka jenis, aneke warna, aneka bentuk, dan aneka bahan. Ada buku yang ketika dibuka membentuk tidak dimensi, ada buku yang bentuknya lucu sesuai gambar, wuih banyak sekali macamnya.

Kini ada hadir satu jenis buku yang bahannya bener-bener aman buat anak-anak, buku berbahan busa. BUSA!! Ya busa, empuk dan ringan. Banyak buku anak yang menggunakan bahan-bahan yang tidak mudah sobek atau tidak rusak jika kena air. Bahan-bahan buku yang keras seperti tripleks memang tidak mudah rusak, bahkan jika dilempar ke sana ke mari, tidak akan sobek, tapi apakah buku jenis itu aman jika dilempar ke teman sendiri? Tentu saja tidak. Bahan-bahan buku yang keras bisa melukai anak itu sendiri atau orang lain di sekitarnya.

(Buku anak berbahan busa)

Bagi orangtua, kini tidak perlu khawatir karena ada jenis buku yang aman untuk anak, yaitu buku berbahan busa. Selain ringan buku busa ini tidak akan melukai jika  buku itu terlempar atau jatuh dari meja atau lemari dan mengenai kepala anak atau orang-orang di sekitar anak.Hai orangtua, ayo ajak anak-anak ke toko buku! (Paskalina, penulis dan penyuka buku anak)