Ide Menulis (1)

IDE MENULIS

by Paskalina Oktavianawatii-love-writing-menulis

Ide menulis bisa datang kapan pun, di mana pun, dalam kondisi apa pun. Kita semua menulis setiap hari. Tak ada satu hari pun lewat tanpa menulis. Menulis apa? Menulis update status di BB, FB, TWIT, etc. Ya itu juga menulis kan. Dan kadang kala untuk menulis update status di FB saja kita harus berpikir untuk mencari ide.

Oke, sekarang kita bicara tentang ide menulis sesuatu yang panjang, 1 halaman, 5 halaman, atau satu buku.

Ide memang bisa muncul di mana dan kapan saja, tetapi ide juga bisa didapatkan alias bisa kita cari. Dari mana kita bisa mendapatkan ide menulis?

Ide menulis bisa kita dapatkan dari:

(1) MEMBACA

59963_buku_300_225Sudah sering disebutkan dalam pelatihan menulis, sharing menulis, dan kegiatan lain yang berhubungan dengan penulisan, bahwa jika kita ingin menulis maka harus membaca. Dari MEMBACA dengan MEMBACA maka kita pasti bisa menulis. Bohong besar jika seorang penulis bilang dia tidak pernah membaca walau suka menulis.

Membaca apa? Membaca apa saja yang membuat kita tertarik. Membaca komik, membaca koran, membaca iklan baris, membaca iklan lowongan, membaca novel, membaca majalah, dengan MEMBACA APAPUN pasti akan memunculkan ide menulis.

Dari membaca iklan baris, seseorang penulis bisa mempunyai ide membuat buku berjudul BUKU PINTAR IKLAN BARIS, isinya berupa penjelasan tentang  singkatan-singkatan yang digunakan dalam pembuatan iklan baris. Ingin tahu seperti apa buku tersebut, contact me 🙂 buku tersebut sudah terbit. Yang pasti bukan saya penulisnya haha

Dari membaca sebuah novel true story, dapat pula memunculkan ide menulis. Orang lain bisa menuliskan kisahnya dalam sebuah novel, kita pun bisa menuliskan kisah kita sendiri dalam novel. Tidak ada salahnya kan menjadikan hidup kita sebagai objek novel yang kita tulis sendiri. Sudah banyak sekali beredar novel yang menurut penulisnya adalah kisah nyata kehidupannya.

Apa pun yang kita baca, pasti akan meninggalkan suatu ide menulis, jika memang niat kita sedang mencari ide menulis. Kalau pun kita belum juga mendapatkan ide menulis dari membaca buku, masih banyak cara lain untuk memancing ide. 🙂

(2) MENULIS

Ide menulis dapat diperoleh dari MENULIS. Maksudnya?

pengetikan

_bersambung_

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s