Posted in Anak Kreatif, Askalin, Buku Anak, Catatan askalin, Tips Menulis, Tips untuk Orang Tua & Guru

5 Tips Memilih Buku untuk Anak (usia 0-3 tahun)

5 Tips Memilih Buku untuk Anak (usia 0-3 tahun)

kenan-n-mom-pakalinaWP

Anak-anak umur 0-3 tahun tidak bisa memilih bukunya sendiri. Orangtulah yang akan memilihkan buku untuknya. Seperti apakah buku yang baik untuk anak usia 0-3 tahun? Semua buku anak atau buku bayi, baik dan bermanfaat untuk anak. Namun, manfaat tersebut ada jika orangtua mau mendampingi anak mereka untuk mengenal buku yang dibelikan untuknya.

5 tips memiilih buku untuk anak (usia 0-3 tahun)

  1. Buku bantal atau buku dengan penyajian khusus yaitu menggunakan spon yang ringan, sehingga tidak melukai anak ketika buku sedang dipegang dan terlempar ke muka anak.
  2. Buku dengan ujung atau sudut-sudutnya tumpul. Buku yang demikian tidak akan melukai anak jika ujungnya terkena kulit anak.
  3. Buku dengan foto asli atau bukan ilustrasi. Anak usia 1,5 tahun, ternyata lebih mudah mengenali gambar benda yang bentuknya sama dengan benda yang pernah dilihatnya di dunia nyata.
  4. Buku dengan tema kehidupan sehari-hari anak. Orangtua akan lebih mudah bercerita atau mendongeng pada anak dengan mengkaitkan cerita di buku dengan kehidupan sehari-hari anak.
  5. Buku dengan bentuk yang unik, misalnya ada penambahan lubang pada buku, mika tembus pandang, lembar khusus dengan media yang lembut atau kasar yang bisa disentuh anak, dan sebagainya. Adanya bagian-bagian berlubang, kasar, halus, berbulu pada lembar buku, melatih motorik anak.

 

Note: Peran ORANGTUA YANG PALING UTAMA dalam menciptakan anak-anak yang berkarakter positif. Buku, mainan, dan apapun itu, hanyalah pelengkap.

 

Saya tulis berdasarkan pengalaman mengamati anak saya yang kini berusia 17 bulan. #Askalin ASKALIN