Sharing Iman: Doaku Terkabul

Mukjizat itu ada dan keajaiban bisa menjadi nyata.”

Pernyataan di atas adalah sebuah pernyataan pasrah saya pada Tuhan. Tadi malam saya sudah berdoa dengan sungguh memohon pada Tuhan supaya Dia memberikan jalan dan pencerahan sekaligus keajaiban. Saya sudah berusaha mencari jalan keluar, dan saya sudah melihat jalan dari permasalahan yang saya hadapi. Tapi saya masih butuh sebuah kehendak dariNYA, kehendak yang Maha Dahsyat, yang mampu mengubah segalanya menjadi mungkin. DAN keajaiban itu ada, saya merasakannya, saya menemukan bahwa DIA itu benar-benar ada mengubah segala sesuatu yang menurut pikiran manusia tidak mungkin menjadi mungkin.

Apakah setiap doa  kita pasti dijawab olehNYA dengan cepat?
Tidak selalu. Adakalanya doa saya lama dikabulkan olehNYA. Saya menganggap itu adalah sebuah proses dari usaha yang saya lakukan supaya DIA mengabulkan doa saya. Tapi ada banyak doa saya yang terkabul dengan cepat. Ahh.. sudah tak terhitung jumlahnya. Ketika saya merasa sedang jatuh terpuruk, ada tanganNYA yang tiba-tiba hadir merangkul saya sehingga saya mendapatkan kekuatan.
Bahkan ketika saya meminta rejeki, tiba-tiba datang order yang menghasilkan keuntungan lumayan dan dapur saya bisa kembali mengepul. Saya sadari betul bahwa pengkabulan doa yang cepat itu sebenarnya juga sudah berproses lama, saya sudah berusaha promosi sekian lama, hingga akhirnya datang order disaat yang tepat. Itulah misteri Tuhan, tidak pernah bisa kita prediksi, namun bisa kita harapkan.

Apakah saya rajin berdoa, novena, ziarah ke gua maria, dan kegiatan rohani lainnya?
Tidak juga. Saya berdoa di mana saja, ketika saya ingin berdoa. Ketika sedang makan pun, jika batin saya ingin berdoa maka saya akan berdoa. Saya suka berdoa Novena Tiga Salam Maria, tapi sering tidak full hingga 9 hari berturut-turut. Saya pernah berziarah ke Gua Maria, tapi tidak sering, bisa dibilang jarang sekali.
Berdasarkan pengalaman iman saya, berdoa itu komunikasi kita dengan Tuhan secara pribadi. Ketika kita merasa senang, susah, tertekan, kita boleh komunikasikan semuanya pada Tuhan melalui doa dan permohonan kita.

Apakah doa saya dipahami oleh Tuhan, padahal masalah saya sangat rumit?
Tidak ada yang sulit, rumit, dan tidak mungkin bagi Tuhan. Sulit dan rumit itu kan menurut pikiran kita manusia, Tuhan itu Maha Besar, Maha Bijaksana, Maha Tahu, Maha Segala Maha. Jangan pernah meragukan Tuhan, karena ketika kamu sudah menerima mukjizat dari kamu pasti akan terheran-heran.
Syukur pada Tuhan, saya termasuk orang yang selalu terheran-heran ketika Tuhan memberikan jawaban atas doa-doa saya, jantung saya berdegup kencang ketika Tuhan mengatakan “YA” doamu terjawab.
Jadi, jangan pernah meragukan apapun tentang DIA. Dia tahu kebutuhanmu sebelum kamu  minta, Dia tahu masalahmu sebelum kamu mengeluh padaNYA. Satukan semua keluh dan kesahmu dalam DOA, maka terjadilah apa yang kamu minta itu akan terjadi.

Jakarta, 25-26 Juli 2016