Posted in Artikel

Tujuan dan Manfaat Membaca Buku

#day1writingchallenge #writingchallenge #askalin #Indonesia #creativewriting #kreatifmenulis #ayomenulisbersama #paskalina
Tujuan dan Manfaat Membaca Buku

Membaca buku adalah salah satu suplemen kehidupan. Membaca buku apa? Tentu itulah pertanyaan selanjutnya. Apaka semua buku yang dibaca bisa menjadi suplemen. Membaca buku bisa menambah wawasan kita tentang banyak hal. Membaca buku memasak, menambah pengetahuan kita tentang memasak. Membaca buku ensiklopedia bisa menambah pengetahuan.

Setiap orang punya tujuan berbeda-beda ketika “menikmati” sebuah buku. Tujuan orang membaca buku, beberapa di antaranya:

– Untuk hiburan

Tujuan seperti ini biasanya untuk buku-buku seperti novel dan komik. Seseorang membaca buku dengan tujuan sebagai hiburan atau bisa juga disebut untuk mengisi waktu luang. Membaca buku dengan santai tanpa tekanan apapun.

– Untuk memahami isinya

Tujuan seperti i ni biasanya untuk buku-buku tentang keilmuan. Ketika seseorang sedang menimba ilmu di bangku SMA, mengharuskan mereka untuk membaca buku pelajaran berbagai mata pelajaran. Ketika seseorang ingin belajar menjadi seorang public speacker, maka dia akan mencari buku tentang public speaker dan berusaha memahami isi bukunya. Manfaat yang bisa diperolehnya adalah orang yang membaca buku tersebut akan terbantu untuk bisa menjadi seorang public speaker yang baik.

– Untuk bahan mengajar

Bagi guru atau dosen, buku adalah salah satu senjata untuk memberikan beragam ilmu dan informasi untuk siswa siswi atau mahasiswanya. Melalui buku yang dibaca, guru atau dosen bisa mentransfer hasil yang dibaca pada siswa atau mahasiswa. Manfaat membaca buku menjadi sangat luar biasa, karena dari 1 orang guru/dosen bisa menyebarkan informasi nilai, informasi pengetahuan, ke banyak siswa/siswi, mahasiswa, dan lainnya.

– Untuk meresensi buku

Tujuan orang membaca buku bisa dengan maksud untuk memberikan penilaian atau penghargaan pada sebuah buku dalam bentuk resensi buku. Dari tujuan itu, peresensi mendapat  manfaat bisa mengambil nilai moral, nilai pengetahuan, atau keterampilan dari buku yang dibacanya.

Tujuan-tujuan di atas, hanya sebagian kecil saja. Setiap orang dari kita bisa saja memiliki alasan berbeda ketika membaca sebuah buku. Namun demikian, apapun tujuannya pastilah merupakan sesuatu yang positif.
#askalin #paskalina #day1