Pengatakan Memiliki Kata Dasar Atak

Pengatakan memiliki kata Dasar Atak

Kata pengatakan belum lama saya pahami. Kata inu begitu sering  diucapkan dalam suatu grup wa yang saya ikuti karena buku saya terpilih dalam   sayembara yang diadakan Badan Bahasa.

Saya sudah lama berkecimpung di dunia editorial buku. Namun, kata pengatakan masih asing di telinga saya. 

“Bapak dan Ibu bisa bekerja sama dengan pengatak untuk mengatak naskah Bapak dan Ibu,” kata panitia sayembara.

Kemudian salah seorang berkomentar, “Kata pengatakan itu apa artinya ya, jika kata dasarnya katak, saya tidak menemukan arti yang cocok di Kamus Besar Bahasa Indonesia.”

Tentu saja dia tidak akan menemukan arti kata katak yang berkaitan dengan naskah atau buku, kata saya dalam hati. Awalnya saya juga mengecek kata dasar katak. Namun ternyata salah, kata dasar pengatakan adalah atak.

Atak merupakan istilah bidang grafika

Atak artinya (1) komposisi; tata letak, (2) tata letak huruf yang akan dicetak.

Turunannya, mengatak; pengatakan.

Tetapi jujur, saya tetap nyaman dengan penggunaaan kata layout dan layouter atau setting dan setter

Saya membayangkan apa yang terjadi ketika saya berkata pada seorang setter, “Pengatakan buku saya tolong dipercepat.” Mungkin setter itu menganggap saya salah ucap atau salah ketik.

Saya sadari betul, penggunaan bahasa Indonesia dengan baik dan benar merupakan suatu wujud kecintaan kita pada Indonesia. Di masa mendatang, pasti istilah pengatakan tidak lagi menjadi istilah yang langka. Semua masyarakat bisa paham bahasa Indonesia secara lebih mendalam.

#salamliterasi #paskalinaaskalin

#day1 #juni #nulis #sukasuka

Iklan