Manfaat Mendongeng Bagi Anak

​#day11 #menulisbebas #freewriting #paskalinamenulis #bojonegoro #mendongeng

Dongeng disukai oleh anak-anak. Apalagi jika orangtua yang mendongengkannya untuk anak. 

Dongeng tidak harus dibacakan sebelum tidur. Kapan pun kesempatan yang ada, orangtua bisa membacakan dongeng untuk anak. Memang, waktu yang paling tepat adalah menjelang tidur karena saat itu keadaan otak sedang santai sehingga bisa dengan mudah menerima pesan-pesan kebaikan.
Berikut ini 3 manfaat mendongeng yang bisa saya sampaikan.

(1) Anak Menjadi Lebih Dekat dengan Orangtua

Dongeng yang dibacakan orangtua kepada anaknya akan semakin mendekatkan anak dengan orangtuanya. Apalagi bagi orangtua yang bekerja. Setelah seharian bekerja sehingga tidak menemani anak, kegiatan dongeng sebelum tidur, baik dilakukan dan menyenangkan bagi anak. Meski hanya lima menit, anak sudah merasa diperhatikan. Dan keesokan harinya, anak pasti akan meminta didongengkan lagi.

Kedekatan orangtua dan anak amatlah penting. Kedekatan ini menjadikan anak bisa terbuka pada. orangtua, anak berani bercerita pada orangtuanya. Ketika sedang mendongeng orangtua biss menyisipkan pesan moral yang bermuatan karakter positif untuk anak. Orangtua juga bisa bertanya atau meminta anak bercerita tentang pengalaman yang dialami anak.

Semakin sering dibacakan dongeng, niscaya kedekatan orangtua dan anak pasti akan semakin erat.

(2) Mengingat Lebih Lama

Mendongeng baik dilakukan sebelum tidur malam, karena ketika menjelang tidur malam, otak dalam keadaan santai. Keadaan tersebut membuat otak dapat mengingat dengan mudah dan mengingat lebih lama. Oleh karena itu, pesan-pesan moral juga biss teringat lebih lama pada diri anak kini hingga dewasa nanti.

(3) Memancing Anak Gemar Membaca

Mendengarkan dongeng itu menyenangkan. Apalagi dongeng dibacakan oleh ayah atau ibu. Namun, bagi anak yang sudah bisa membaca, akan muncul keingintahuan membaca dongeng lebih banyak karena penasaran dengan cerita yang dibacakan dari buku. Jadi, secara tidak langsung, kegiatan mendongeng cerita dari buku bisa memancing anak gemar membaca.

26 Juni 2017

#paskalinaaskalin #sayamenulis #sayapenulis

Iklan