8 Ide Liburan Kreatif di Rumah untuk Keluarga

​day16 #menulisbebas #freewriting #paskalinamenulis #bojonegoro #liburankreatif #liburankeluarga

8 Ide Liburan Kreatif di Rumah untuk Keluarga
Liburan keluarga tidak harus pergi ke luar rumah atau berkunjung ke tempat wisata. Orangtua bisa menciptakan liburan kreatif di rumah bersama anak-anak dan seluruh anggota keluarga lain.

Namun, ada syarat yang harus dipenuhi oleh orangtua supaya liburan kreatif di rumah berhasil. Apa itu? Semua anggota keluarga harus jauh dari gadget. Telepon pintar yang ada di genggaman harus dilepaskan sementara waktu. 

Mungkinkah kita bisa sehari tanpa gadget? BISA. Dengan niat dan tujuan yang baik, dan orangtua sebaiknya menjadi leader dan contoh yang baik untuk anaknya.

Liburan kreatif sebenarnya bisa menjadi alternatif kegiatan untuk melupakan gadget yang terlalu dekat dengan anak. Orangtua sendiri kadang tak mampu lepas dari gadget sehingga sehingga ditiru oleh anak. Meskipun banyak manfaat yang bisa dipetik dari penggunaan gadget, kita semua tahu, bahwa dampak buruk dari gadget juga tidak sedikit. 

Berikut ini 8 ide liburan kreatif di rumah untuk keluarga.

1. Memasak

Hari spesial bisa menjadi momen yang baik untuk memasak bersama. Misalnya ketika Hari Ibu tiba ayah dan anak bekerja sama membuat kue untuk ibu. Libatkan anak dalam proses penyiapan bahan dan proses pembuatan kue. Kemudian buatlah kue yang bisa dikreasi oleh anak.

Orangtua juga bisa meminta ide masakan apa yang ingin dimasak dan jangan lupa libatkan semua anggota keluarga. Kali pertama memasak bersama mungkin kurang menarik bagi anak dan liburan keluarga menjadi kacau-balau. Ini tidak masalah, orangtua dapat mengevaluasi kekurangannya dan menciptakan acara memasak lebih baik lagi.

2. Berkebun

Bagi rumah yang memiliki cukup tempat untuk berkebun, orangtua bisa membuat liburan berkebun bersama. Berkebun memang identik dengan kotor, tetapi menjadikan anak belajar menghargai tumbuhan dengan merawat tumbuhan itu. Usai berkebun masinh-masing anak dapat diberi satu tanggung jawab untuk merawat satu tanaman.

3. Melukis

Melukis tidak harus di atas kertas atau kanvas. Melukis juga bisa dilakukan dengan media lain seperti dinding, sepatu, kaos, dan sebagainya. Bagi anak, bermain warna itu menyenangkan apalagi warna-warna cat akrilik belepotan di tangan, pasti semakin seru.

Salah satu model cat akrilik bisa dengan cap tangan seluruh anggota keluarga di dinding rumah.

4. Membuat taman baca

Bagi keluarga pencinta baca buku, pasti sering membaca buku. Setelah dibaca buku digeletakkan begitu saja dimeja, baik jika menyimpannya kemudian.

Daripada buku hanya menjadi pajangan saja, baik jika buku-buku ini jadi dikumpulkan dijadikan taman bacaan. Taman bacaan ini bisa dikelola oleh anak-anak, tanpa harus mengganggu aktivitas utama.

5. Membuat kerajinan tangan

Ada banyak sekali kerajinan tangan yang bisa dijadikan liburan kreatif di rumah. Orangtua dapat memilih kerajinan tangan yang sesuai dengan kemauan anak dan sesuai dengan usia anak.

Kerajinan tangan yang bisa dipraktikkan, misalnya sulam, bordir, payet, strimin, flanel, kain perca, dan sebagainya.

6. Menyulap sampah

Di rumah ada banyak sekali sampah yang bisa disulap menjadi benda-benda berguna. Orangtua bisa menjadikan sulap sampah sebagai liburan kreatif yang bisa diulang kapan saja oleh anak. Ide benda sampah apa yang akan disulap menjadi benda lain dapat disesuaikan dengan usia anak-anak kita.

7. Bersih-bersih bersama

Liburan kreatif di rumah juga bisa diisi dengan acara bersih-bersih di rumah. Kegiatan ini harus dilakukan bersama, seluruh anggota keluarga harus dilibatkan. Anak-anak paling suka diberikan tanggung jawab, karenanya orangtua bisa memilih-milih tanggung jawab seperti apa yang cocok.  Setelah liburan kreatif bersih-bersih bersama berakhir, tentu diharapkan kebiasaan bersih-bersih akan menular dan dilakukan setiap hari oleh anak.

8. Berkemah

Berkemah bisa dilakukan di rumah, sehingga kegiatan ini bisa menjadi pilihan untuk liburan kreatif. Perlengkapan yang digunakan untuk berkemah juga tidak harus yang sesungguhnya. Kain lebar atau sprei bisa digunakan untuk membuat tenda. 

Delapan ide liburan kreatif ini bisa dipilih salah satu sesuai keadaan rumah dan kesiapan orangtua.

1 Juli 2017

Iklan