Permainan Tradisional

Permainan tradisional adalah permainan rakyat yang dimainkan oleh anak-anak pada masa lalu sebelum ada permainan modern yang serba canggih seperti saat ini. Permainan tradisional sudah jarang sekali dimainkan oleh anak-anak masa kini. Anak-anak kini lebih tertarik pada permainan modern seperti game online, play station, dan permainan lain dalam gadget-gadget terbaru.
Orangtua pun seakan tak peduli dengan keberadaan permainan tradisional yang memiliki manfaat bagi perkembangan kecerdasan anak. Mungkin orangtua kurang berkenan membiarkan anak-anaknya memainkan permainan yang murah, kotor, dan terkesan kampungan.
Jika kita coba telusuri lebih dalam, permainan tradisional dapat melatih berbagai macam kecerdasan anak. Misalnya permainan tradisional congklak atau dakon dapat melatih kecerdasan logis matematis, permainan tradisional cublek-cublek suweng melatih kecerdasan seni, permainan tradisional egrang batok melatih kecerdasan gerak, masih banyak lagi yang lainnya. Dan yang paling utama permainan tradisional menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dan tidak berbahaya. Permainan tradisional juga dimainkan oleh dua anak atau lebih, hal ini akan melatih kecerdasan interpersonal.